22 Juli 2009

Gaya Hidup BOS

Sebuah lembaga penelitian sekuler di Amerika meneliti orang-orang sukses dan bahagia. Sebut saja mereka BOS (bukan orang sembarangan). Tapi, karena lembaga ini sangat sekuler, maka awalnya, tolok ukur orang sukses dan bahagia ini adalah mereka yang banyak duit. Ini hasilnya.

Lembaga ini mensurvai orang-orang kaya (para milyuner) dengan sample awal sebanyak 200 ribu orang. Dari 200 ribu itu disaring kadar bahagianya berdasarkan berbagai parameter. Termasuk keharmonisan hidup dalam keluarga. Hasil saringan terakhir, diperoleh 200 orang yang dianggap sangat bahagia. Sebab selain kaya, bisnisnya luar biasa. Mereka dapat menikmati hidup dan keluarganya harmonis.

Hasil survai tersebut ditulis dalam buku karangan Thomas Stanley berjudul "The Millionaire Mind." Orang-orang kaya ini rata rata sudah berumur. Mereka adalah orang kaya dalam 1 generasi. Artinya bukan kaya karena warisan atau dapat lotre. Tapi murni kaya berdasarkan jerih payah sendiri atau hasil kerja keras.

Kemudian para BOS ini diwawancara satu persatu secara detail. Hingga akhirnya disimpulkan gaya hidup para BOS yang sukses dan bahagia ini ke dalam 10 gaya hidup mereka, yaitu :

1 . Para BOS tersebut frugal atau sangat hemat tapi tidak pelit. Artinya mereka tidak boros, penuh pertimbangan dalam memanfaatkan uang mereka. Untuk beli sesuatu, mereka berpikir 20 kali. Apakah yang akan dibeli tersebut memang betul-betul merupakan kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Mereka ini adalah tipe orang yang tanya sama Tuhan tentang segala pengeluaran. Mereka tidak diperbudak mode, meskipun tidak kuno, bahkan modis. Mereka juga tahu di mana beli barang bagus tapi murah.

2. Orang-orang tersebut selalu hidup di bawah income mereka. Tidak hidup gali lobang tutup lobang. Dan, tentu saja, anti utang. Tak ada istilah besar pasak dari pada tiang, dalam hidup mereka. Dan uniknya, mereka tak pernah merasa gengsi hidup di bawah pendapatan yang diterima.

3. Para BOS ini sangat loyal terhadap pasangan. Tak mau kawin cerai dan berusaha selalu setia pada pasangan, baik dalam keadaan suka maupun duka. Termasuk mencintai keluarga besar. Karenanya, kehidupan keluarga mereka sangat harmonis.

4. Para BOS ini selalu lolos dari prahara konflik baik dalam keluarga maupun bisnis. Sebagai catatan, di Amerika sana, yang namanya resesi ekonomi sering terjadi. Dan mereka selalu lolos. Setelah ditanya, apa kunci lolosnya mereka dari berbagai prahara tersebut ? Jawaban mereka adalah "overcoming worry and fear with The Bible and pray, with faith to God. We have God and His word." Artinya, mereka menyandarkan hidup dengan pasrah kepada Tuhan. Padahal, mereka hidup di negara sekuler.

5. Cara berpikir para BOS ini berbeda dalam segala segi. Ini berbeda orang-orang kebanyakan. Sebagai contoh, bandingkan dengan orang kebanyakan jika pergi ke mall. Yang ada dibenak mereka adalah bagaimana membelanjakan duit dan memuaskan egonya. Nah, para BOS berbeda. Ketika masuk mall, mereka malah berpikir mencari peluang bisnis yang bisa mereka garap. Misalnya, apa yang paling laku di mall. They think differently from the crowd. Pendek kata, para BOS adalah mereka yang "The Man of Production", bukan The Man of Consumption."

6. Ketika ditanya, apa rahasia atau kunci sukses mereka ? Jawabannya adalah:
a. Punya integritas = satunya kata dengan perbuatan, omongan dan janji bisa dipegang dan dipercaya, jika diberikan amanah selalu ditepati, tidak berkhianat atau tidak munafik, menjunjung etika, moral, dan nilai nilai agama.
b. Disiplin = tidak mudah dipengaruhi, dalam segala hal, termasuk disiplin dalam hal waktu, aktivitas yang teratur, makan, olah raga, rekreasi, ibadah teratur, mereka orang yang tidak sembarangan konsumsi makanan, tidak serakah/rakus.
c. Selalu mengembangkan social skill = cara bergaul, belajar getting along with others people, belajar leadership, menjual ide, mereka orang yang meng upgrade dan meng-up date dirinya, tidak malas membaca dan belajar dari orang orang terdekat dan yang dikenal, mau menerima kritikan, sekalipun pedas.
d. Punya pasangan yang men-support, selalu mendukung dalam keadaan senang maupun duka lara, yang penting menurut mereka, integrity dimulai di rumah, kalau seorang suami/istri tidak bisa dipercaya di rumah, pasti tidak bisa dipercaya di luar.

7. Para BOS pintar membagi waktu, antara lain untuk :
a. Mengajak pasangan, angota keluarga seperti anak dan cucu untuk sport atau rekreasi. Alasannya, dengan olah raga dan rekreasi bisa meningkatkan derajad kesehatan, daya tahan tubuh, memupuk "fighting spirit" . Termasuk agar bisa sportif (menerima kenyataan, tetapi dengan semangat untuk memperbaiki dan menang).
b. Banyak memikirkan tentang investasi jangka panjang, mulai skala kecil kecilan hingga yang besar.
c. Banyak waktu berdoa mulai ketika bangun tidur, ketika memulai aktivitas, ketika mulai makan, selesai makan, sampai sebelum tidur senantasa memanjatkan doa dan puji¬-pujian kehadirat Illahi, mereka selalu mencari kasih sayang Tuhan, selalu berupaya belajar mengetahui, memahami, dan mengamalkan Firman Tuhan. Ini menjadi lifestyle mereka sejak muda, dewasa dan tua.
d. Attending Religious Activities. Senang sekali mengikuti acara acara kebaktian, kerohanian, dan sosial kemasyarakatan dalam komunitas mereka sendiri maupun masyarakat luas.
e. Socializing with Children and Grand Child, ngobrol menyenangi, menyantuni anak anak sebagai generasi muda penerus bangsa.
f. Entertaining with Friends, maksudnya bergaul, membina hubungan atau relasi yang baik dan saling menguntungkan untuk seumur hidup.

8. Have a Strong Religious Faith, dan menurut mereka ini kunci utama sukses mereka.

9. Religious Millionaire. Para BOS tidak pernah memaksakan suatu jumlah aset sama Tuhan, tapi mereka belajar mendengarkan suara Tuhan. Berapa jumlah aset yang Tuhan inginkan buat mereka. Selalu berdoa minta petunjuk. Mereka bukan tipe menelan semua tawaran bisnis yang disodorkan, tapi bertanya kepada Tuhan dulu untuk mengambil keputusan.

10. Ketika ditanya tentang siapa mentor mereka ? Jawabannya adalah Tuhan.***

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP